Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Daftar Isi

Feedjit

Gad wiNg

About Me

My Photo
GadWing
"Terima kasih sudah masuk ke blog sederhana saya"
View my complete profile

Followers

Laman

About

IP

Total Pageviews

Powered by Blogger.

Blogger news

blog-indonesia.com

Blogroll

Labels

Popular Posts

Thursday, February 17, 2011

Abad Komputer



Share

Komputer menjadi bagian terbesar pada kehidupan modern dan kebanyakan dari kita menggunakannya setiap hari. sekalipun komputer tidak pernah benar-benar "ditemukan" -benda ini dikembangkan secara bertahap. Tidak ada satu orang pun yang menemukannya sendirian.

Mesin matematika

Komputer pada dasarnya adalah mesin hitung, menghitung angka-angka dan mengeluarkan hasilnya. komputer adalah versi lebih rumit dari sipoa, dengan menggeser manik-manik pada sipoa, kita dapat menyimpan angka dan melakukan perhitungan. Orang Babylonia (sekarang dikenal dengan Irak) menggunakan sipoa hingga 3.000 tahun yang lalu. Di beberapa tempat, alat ini bahkan masih digunakan.
Dari tahun 1600-an, para penemu mulai mengembangkan mesin hitung yang kompleks. Mesin yang paling penting adalah mesin analitis, didesain oleh matamatikawan Inggris, Charles Babbage, pada tahun 1840-an. Ia tidak pernah menyelesaikannya, tetapi menjadi cikal bakal komputer. Tidak seperti sipoa, mesin analitis bisa mengikuti serangkaian intruksi, yaitu program komputer.

Komputer elektronik

Jerih payah Babbage untuk sementara waktu, selama Perang Dunia II, pemerintah perlu komputer untuk memecahkan kode dan menggambarkan lintasan peluru. Alih-alih menggunakan roh halus dan roda bergerigi, para penemu mendesain komputer elektronik dengan perangkat tabung vakum. Aliran listrik yang melewati setiap tabung dapat disetel ke posisi "on" dan "off", sehingga memungkinkan tabung itu menyimpan dan memproses angga-angka.

Menjadi lebih kecil

Tahun 1947, ilmuwan AS, Walter Brattain dan John Bardeen, menemukan Transistor, sejenis saklar mungil. Transistor digunakan untuk mengganti tabung vakum berukuran besar dalam komputer, ini membuat komputer menjadi lebih kecil.
Komputer menjadi lebih kecil pada saat jack Kilby dan Robert Noyce menemukan Integrated Circuit atau chip silikon pada tahun 1948. Alih-alih tersusun dari banyak transistor terpisah, rangkaian elektronik komputer dapat dimasukan ke dalam keping mungil atau chip mineral silikon.

Komputer untuk orang awam

lambat laun, komputer menjadi kecil dan cukup murah untuk digunakan di kantor dan rumah. MTS Altair 8800 diluncurkan tahun 1975, adalah komputer rumahan pertama.

Sumber : Sejarah Penemuan (Anna Claybourne & Adam larkum)

0 comments:

Post a Comment